Sabtu, 25 Juli 2009

Sejarah Perkembangan Internet



Pada tahun 1960-an Departemen Pertahanan Amerika Serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu instalasi. Komputer tersebut diharapkan dapat saling berkomunikasi dan tetap bertahan jika perang benar-benar terjadi. Pada bulan Oktober 1962 dimulailah program riset komputer di ARPA (Advance Research Projects Agency) dengan Joseph Licklider sebagai ketua program pertama.

Pada tahun 1965 dengan bantuan dana dari ARPA, Larry Robert dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica melalui jaringan telepon. Dari percobaan itu disimpulkan bahwa, jaringan telepon bisa melewatkan / mengirim data, namun tidak efisien karena menghabiskan bandwidth dan mahal.

Pada tahun 1966 Bob Taylor dari ARPA menerima bantuan dana dari beberapa universitas si Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan. Tiga tahun kemudian jaringan tersebut berhasil dibuat yang di sebut ARPANET. jaringan tersebut merupakan cikal bakal lahirnya INTERNET.

ARPANET pertama kali online pada tahun 1969.
Pada tahun 1972, Ray Tomlinson dari BBN menulis program yang dapat mengirimkan surat secara elektronik melalui ARPANET.


Pada tahun 1989 jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang dengan pesat. Dibulan Januari jumlah jaringan yang terhubung ke internet sebanyak 80.000 buah kemudian bertambah menjadi 130.000 buah di bulan Juli dan melebihi 160.000 buah di bulan November.

Pada Tahun 1990 ARPANET resmi di tutup.
Pada tahun 1993 dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreessen bersama timnya di National Center for Supercomputing Application(NCSA).

Sekarang ini jaringan sudah nirkabel atau tanpa kabel (kemana tuh kabel ?? sapa yang ngirim data?? setan kali yah ???).
contoh jaringan tanpa kabel : Wifi ,GPRS, 3G, DSL, dan sebagainya...

Manusia hidupnya praktis yah ???
Teknologi gitu loh ........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar