Selasa, 18 Januari 2011

BTS

BTS adalah singkatan dari Base Transceiver Station atau bisa di sebut Cell Site. Sebuah perangkat jaringan yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara perangkat pengguna (UE)   dan jaringan. UE adalah perangkat seperti: telepon seluler, komputer dengan koneksi nirkabel, telepon, dll.

Satu cakupan pancaran BTS dapat disebut Cell. Beberapa BTS dikontrol oleh satu Base Station Controller (BSC) yang terhubungkan dengan koneksi microwave ataupun serat optik.

Bagian-bagian BTS

Transceiver (TRX)

     disebut sebagai penerima driver (DRX). DRX terbagi dalam 2 bentuk, yaitu : tunggal (sTRU)Single Transceiver Radio Unit, ganda (dTRU) atau Double Radio Unit (DRU). Dasarnya transmisi dan penerimaan sinyal juga tidak mengirim dan penerimaan sinyal ke / dari entitas jaringan yang lebih tinggi (seperti base station controller di telepon selular)

Power Amplifier (PA)
     Memperkuat sinyal dari DRX untuk transmisi melalui antena; dapat diintegrasikan dengan DRX.

Combiner
      Menggabungkan beberapa feed dari DRXs sehingga mereka dapat dikirim melalui antena tunggal. Memungkinkan pengurangan jumlah antena yang digunakan.

Duplexer
      Untuk memisahkan mengirim dan menerima sinyal ke / dari antena. Apakah mengirim dan menerima sinyal melalui port antena yang sama (kabel ke antena).

Antena
      Hal ini juga dianggap sebagai bagian dari BTS.

Alarm extension system
      Mengumpulkan status alarm berbagai unit BTS dan mengirimkan ke stasiun pemantau operasi dan pemeliharaan (Operation and Maintenance Monitoring Station OMMS).

Control Function
     Mengontrol dan mengelola berbagai unit BTS termasuk perangkat lunak apapun. On-the-spot configuration, perubahan status, upgrade software, dll dilakukan melalui fungsi kontrol (Control Function).

Baseband Receiver Unit (BBxx)
     Pelompat Frekuensi, sinyal DSP, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar