Selasa, 22 September 2009

Menghilangkan Jejak Dokumen

Jika anda mengelik File pada Aplikasi Microsoft Word 2000 atau 2002, anda akan selal melihat adanya data daftar dari empat dokumen terakhir yang anda buka. Hal ini ada keuntungannya adalah sesuai dengan tujuan utama diberikannya fitur ini, yaitu mempercepat kerja ketika Anda perlu membuka dokumen yang sama atau yang terakhir yang anda gunakan.

Kerugiannya adalah orang lain dapat melacak atau mengetahui dokumen yang telah anda buka. Default yang anda berikan Word adalah 4. Tapi anda dapat merubah sesuai keinginan anda melalui [Tools] > [Options] > [General] > [Recently used files]. Minimal kosong atau tidak ada dan maksimal 9.

Menurut saya, anda tidak perlu repot-repot menghilangkan fitur ini dengan menghlangkan tanda centang pada kotak cek tersebut. Anda bisa membiarkannya dan menghaps daftar file yang anda anggap penting atau rahasia secara manual dengan cara tekan tombl [Ctrl] + [Alt] + [-] secara bersamaan sehingga kursor akan berubah menjadi tanda minus. Setelah itu Anda masuk ke [File] lalu arahkan kursor yang telah menjadi tanda minus tadi pada file yang anda ingin hilangkan dari daftar, lalu klik.

Cara ini tidak saja hanya digunakan pada daftar file tapi juga dapat anda gunakan untuk menghilangkan fitur-fitur yang ada pada menu, misalnya anda ingin menghilangkan fitur [Open...] dari menu [File], anda bisa gunakan cara yang sama.

1 komentar:

  1. ada award buat sobat di http://gilangardya.blogspot.com/2009/09/award-pertama.html

    BalasHapus