Selasa, 27 September 2011

Komputer dan Perkembangannya

Pengertian

Komputer merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan (Wikipedia).
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat (KBBI).Komputer adalah suatu alat hitung dengan konstruksi elektronika yang mempunyai storage internal dan bekerja dengan bantuan Operating System menurut program-program yang diberikan kepadanya. Istilah komputer mempunyai arti luas dan berbeda bagi setiap orang. Komputer berasal dari kata computare (latin) yang berarti menghitung. 

Generasi Komputer

Mesin Hitung Awal
Pada tahun 1822, Charles Babbge menciptakan mesin yang dapat melakukan perhitungan secara mekanik. Dipergunakan untuk melakukan perhitungan tabel Astronomis dan matematis, yang sering mengalami kesalahan karena dihitung secara manual. Mesin ini terinspirasi dari perkembangan mesin hitung oleh Wilhelm Schickard, Belaise Pascal,  dan Gottfried Leibnez.

Generasi Pertama
Saat terjadinya Perang Dunia Kedua, Konrad Suze , seorang Insinyur Teknik Sipil Universitas Techisches Hochschule Berlin, menciptakan mesin komputer mekanik dengan unit aritmatika tercipta angka-angka yang besar pada pada switch mesin, dan memori yang terdiri dari lapisan batang logam antara lapisan kaca. Salah satu tampilan yang paling inovatif adalah dapat diprogram dengan memukul tape. Komputer ini dinamai Z1(1938), Z2(1939), dan Z3(1941). Z3 digunakan oleh industri pesawat terbang Jerman untuk memecahkan system persamaan simultan dan sistem matematika lainnya.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu memengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.


Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan sepak bola dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.


Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.

Karakteristik komputer pada generasi pertama yaitu menggunakan komponen elektronika berupa vacum tube. Komputer jenis ini masih dalam ukuran yang besar dan memerlukan tempat yang luas dalam mengoperasikannya. Sifat komponen yang mudah panas, memaksakan pengguna menggunakan pendingin ruangan dalam mengoperasikannya. 

Komputer Generasi Kedua

Transistor merupakan ciri dari komputer generasi kedua. Di Generasi ini komponen Vacum Tube digantikan oleh transistor. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor yang berarti mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan berikutnya dapat di pengaruhi. Bahan bakunya terdiri atas 3 lapis, yaitu basic, collector, dan emitor. Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor yaitu IBM-7090.Komputer generasi kedua lainnya adalah, IBM Series 1400, NCR Series 304, Mark IV, dan Honeywell Model 800.

Komputer Generasi Ketiga

Konsep semakin kecil dan semakin murah dari transistor, akhirnya memacu orang untuk terus melakukan perbagai penelitian. Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu bentuk yang sangat kecil. Secuil silicium yang mempunyai ukuran beberapa milimeter berhasil diciptakan, dan inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi Keempat

Ciri komputer generasi keempat adalah pemadatan ribuan IC kedalam sebuah CHIP. Pada tahun 1971, Intel Corp mengembangkan microprocessor pertama yaitu Intel 4004. Di pasarkan dengan harga U$400. 1977, Apple inc mengeluarkan komputer pertamanya yaitu Apple II. 1981,IBM mengeluarkan Personal Komputer dengan sistem operasi MS-DOS.

Generasi Berikutnya

Konsep Komputer dimasa berikutnya diharapkan mempunyai :
1. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) , komputer diharapkan dapat memperoleh pengetahuan, mempunyai pikiran sendiri dan mempergunakannya untuk membantu pekerjaan manusia.
2. Green Computering, komputer menggunakan komponen-komponen yang terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, penggunaan listrik yang lebih kecil, serta tidak ada radiasi.
 3. Komputer diringkas sedemikian kecil, sehingga mudah di bawa, tidak memakan tempat yang luas dalam mengoperasiannya.
4. Komputer menjadi asisten setiap manusia, setiap orang akan memiliki satu komputer yang siap membantu 24 jam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar