Rabu, 30 November 2011

ALU (Arithmetic Logic Unit)


ALU yaitu bagian perangkat keras yang berhubungan dengan perhitungan aritmatik (+,-,*, dan /), logika (IF,AND,OR,NOT), dan membandingkan (=,<,>,<=,>=,<>). ALU inlah yang merupakan otak utama operasi dan sebuah komputer untuk melakukan proses pada CPU.



Pertama-tama data/perintah yang berkenaan dengan perhitungan matematis disimpan ke dalam Storage Register (suatu alat untuk menyimpan Informasi) agar dapat dimasukan atau dipanggil melalui memory. Setelah semuanya tertampung, lalu dikirimlah data/informasi tersebut kedalam adder (alat tambah elektronik yang menentukan tiga digital output addend,augend, dan carry) untuk diproses, yaitu jika proses aritmatik dengan jalan penambahan dan proses logika dengan jalan pengurangan dan akan menghasilkan sum dan carry. Addend adalah suatu operand yang digunakan dalam fungsi tambahan hitungan. 

Bila addend ditambahkan dengan augend, akan membentuk hitungan (Sum) yang akan menggantikan nilai semula dari suatu augend. Augend adalah kualitas dalam suatu operasi tambahan dimana addend ditambahkan akan menghasilkan sum. Carry adalah digit yang ditambahkan pada posisi digit yang paling tinggi berikutnya, bila jumlah digit dalam posisi yang lebih rendah melampaui jumlah dasar akan ditambahkan dengan carry (1). Setelah diproses, lalu dikirimkan ke dalam accumulator (suatu lokasi penyimpanan untuk menyimpan hasil hitungan atau suatu unit elektronik yang melakukan pekerjaan hitungan) untuk menyimpan hasil perhitungan dari arithmetic logic unit (ALU).


Sumber : Buku "Pengantar Sistem Komputer" ,karangan Agung Setiawan, Penerbit INFORMATIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar