Rabu, 30 November 2011

CU (Control Unit)

Control Unit merupakan salah satu bagian dari sebuah CPU yang berfungsi untuk mengontrol dari data atau instruksi. Bagian ini merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah komputer.Control Unit inilah yang mengontrol pekerjaan sebuah CPU yang terhubung dengan output device apakah aliran informasinya akan dikeluarkan melalui monitor, printer, ethernet, modem atau output device yang lain.

Pertama instruksi dari program masuk ke dalam instruction register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan alamat instruksi sebelumnya untuk dikerjakan / dilaksanakan melalui unit kontrol). Dalam instruction register, instruksi program dibagi menjadi 2, yaitu instruksi yang berisi Command (bagian instruksi yang berisi perintah) dan instruksi Address (Bagian instruksi yang berisi alamat dari data yang diproses). Instruksi yang berkenaan dengan command akan dikirim ke bagian decoder (Alat yang digunakan untuk pengkodean kembali) dan yang berkenaan dengan address akan dikirim ke address register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan dan melakukan variasi address)

Dalam decoder command tersebut ditafsirkan untuk menentukan bagian-bagian yang harus bekerja. Pada saat bersamaan dalam address register akan mencari alamat data yang akan diproses. Setelah alamat data tersebut diproses, lalu dikirimkan instruksi tersebut ke dalam program counter (register digunakan untuk mengisi address dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan. Atau kadang-kadang digunakan untuk menunjukan register yang menyimpan addres dari instruksi yang sedang berjalan) untuk diisi dengan alamat dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan.

SUMBER REFERENSI :
Buku "Pengantar Sistem Komputer" ,karangan Agung Setiawan, Penerbit INFORMATIKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar