Jumat, 08 Maret 2013

Website

DEFINISI
Website atau situs web, merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait terkadang disertai pula dengan berkas gambar, video, atau jenis berkas-berkas lainnya. Website merupakan sekumpulan file yang berupa halaman dan terdapat dalam suatu server. Gabungan dari file yang dapat diakses secara publik disebut World Wide Web atau disingkat WWW. Untuk memanggil file tersebut digunakan alamat khusus yang disebut domain. Sebuah halaman web merupakan file yang ditulis menggunakan kode bahasa pemrograman. Biasanya bahasa pemrograman untuk web menggunakan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language).


Web Browser
Untuk mengakses dan menampilkan suatu situs web pada monitor diharuskan menggunakan web browser. Contoh web browser yaitu : Google Chrome, Safari, Microsoft Windows Explorer, Mozilla Firefox, dll.

PROTOKOL YANG DIGUNAKAN

HTTP
HTTP kependekan dari Hypertext Transfer Protocol, merupakan protokol pada jaringan untuk sistem transfer data hypertext yang saling terhubung antara client dengan server. Port yang digunakan HTTP adalah port 80 atau 8080. Macam-maca kode permintaan pada HTTP yaitu : OPTION, GET, HEAD, POST, PUT, DELETE, TRACE, dan CONNECT. HTTP memiliki kode status untuk memberitahu client tentang status dari alamat web tersebut. Kode status HTTP diantaranya, 301(Moved Permanently), 302 (Found), 303 (See Other), 403 (Forbidden), dan 404 (Not Found). File yang hendak diakses oleh HTTP diidentifikasikan menggunakan URL, menggunakan skema http: atau https: . Versi HTTP yang lebih aman dengan kode akses tertentu adalah HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure)  menggunakan port 443.

FTP
FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol pada jaringan yang digunakan sebagai metode transfer file antar server. Protokol ini masih digunakan sampai sekarang untuk melakukan Download dan Upload file dari dan menuju server.

SEJARAH

Penemu website adalah Sir Timothy John Tim Berners Lee pada tanggal 30 April 1993 di CERN tempat dia bekerja dan mengumumkan www dapat digunakan secara gratis oleh publik.

MACAM-MACAM WEBSITE

Website Dinamis
Website Dinamis merupakan situs yang isi, informasi, dan kontennya terus diupdate atau diperbaharui. Sehingga informasi dan konten dapat dipastikan baru. Dalam melakukan update ,informasi tersebut disimpan didalam database. Sehingga informasi dalam web tersebut bisa dilakukan pencarian dan tersusun dengan rapi secara kategori maupun waktu. Ciri khas website dinamis adalah :
- Perluasan kemampuan html
- Menggunakan perangkat lunak tambahan
- Perubahan informasi dalam halaman web dapat ditangani melalui perubahan data.
- Aplikasi web dapat dikoneksikan dengan database

Website Statis
Website Statis merupakan situs yang dalam meng-update informasinya harus meng-update seluruh kode  perogramnya. Website Statis tidak menggunakan database dalam meng-update, tetapi menggunakan teks editor untuk merubah kode programnya. Situs ini biasanya digunakan untuk situs permanen atau informasi dengan jangka waktu yang lama. Ciri khas website statis adalah :
- Cepat dan mudah dalam mengakses karena tidak perlu koneksi ke database
- Cukup satu salinan untuk semua orang
- Susah dikelola jika situs semakin besar
- Sulit untuk up to date
- Kesulitan untuk personalisasi pengunjung

KOMPONEN PADA WEBSITE

Domain Name / URL

URL singkatan dari Uniform Resource Locator, merupakan pengalamatan akses terhadap suatu website bisa juga disebut dengan domain name. URL terdiri dari Jenis protokol atau metode yang dipergunakan untuk mengakses informasi. Contoh alamat URL : www.microsoft.com

Hosting
Hosting merupakan semacam tempat untuk menyimpan media penyimpanan data seperti halnya hard disk dengan kemampuan menyimpan datanya. Hosting ini adalah suatu layanan untuk menyimpan konten pada server suatu provider.

Scripts
Merupakan rangkaian kode bahasa pemerograman yang dapat membentuk suatu halaman website.

MANFAAT WEBSITE

- Sebagai media penyimpan dan penyebaran informasi
- Sebagai media pemasangan iklan
- Pembentukan Reputasi
- Membuat citra positif
- Tempat transaksi bisnis
- Asset Virtual
dan masih banyak lagi manfaat dari website. Tergantung kita sebagai user menggunakan website untuk keperluan apa.


SUMBER REFERENSI :
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://id.wikipedia.org/wiki/Http
http://id.wikipedia.org/wiki/Ftp
http://rubahputih.blogspot.com/2012/02/website-statis-dan-website-dinamis.html
http://www.anneahira.com/macam-macam-website.htm
http://www.anneahira.com/sejarah-web.htm
http://vintagewp.weebly.com/manfaat-website.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar