Jumat, 28 Juni 2013

E-Commerce

PENGERTIAN


E-Commerce atau Electronic Commerce adalah komersialisasi/perdagangan yang menggunakan media elektronik sebagai media pembantu aktifitasnya. E-commerce merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus biaya-biaya operasional untuk kegiatan perdagangan. Contohnya membuat situs web untuk pengiklanan suatu produk barang atau jasa. Ada juga yang disebut dengan toko online.

E-commerce mampu menangani masalah berikut :
OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual. ("enterprise resource planning concept")
INTEGRASI, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. ("just in time concept") 
PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. ("electronic cataloging concept")
INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan human error. ("electronic data interchange concept").
TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran. ("electronic payment concept")

SEJARAH

Istilah e-commerce atau perdagangan elektronik telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersil, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial. Kemudian berkembang menjai suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat "perdagangan web" yaitu pembelian barang atau jasa melalui World Wide Web. 


Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web untuk perdagangan.

KEUNTUNGAN

Bagi Bisnis
Dengan melakukan kegiatan bisnis secara online, perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Pelaku bisnis dapat mengumpulkan informasi mengenai para pelanggannya melalui penggunaan cookies. Cookies dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai kebiasaan membeli yang dilakukan sekelompok orang. 

Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service). Salah satu jenis bisnis yang mengambil keuntungan dari e-commerce adalah perbankan. Dan secara tidak langsung provider telekomunikasi dan jasa pengiriman barang juga dapat keuntungan.

Bagi Konsumen
Konsumen dapat melakukan bisnis secara online dengan mudah. Seorang pembeli dapat menggunakan komputer pribadinya pagi dan malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hampir semua barang. Seorang konsumen tidak perlu mengantri di toko atau bahkan meninggalkan rumahnya. 

KEKURANGAN 


Kesukaran dalam mengintegrasikan basis data dan sistem proses transaksi saat ini ke dalam solusi e-commerce. Rintangan budaya dan hukum. Tidak semua produk bisa secara efisien dikemas dan dikirim. Banyak produk memerlukan sejumlah besar orang untuk membeli agar jual beli terlaksana. Ketidakmampuan untuk menjual beberapa produk, contohnya : perhiasan, makanan dll.

JENIS-JENIS

Business to Business (B2B)
Transaksi perdagangan melalui internet yang dilakukan dua atau lebih perusahaan. Transaksi dagang tersebut sering disebut sebagai Enterprise Resources Planning (ERP) ataupun supply chain management. Contohnya adalah perusahaan Hitachi http://www.hitachi.co.id/

Business to Costumer (B2C)
Merupakan transaksi jual beli melalui internet antara penjual barang konsumsi dengan konsumen. Contohnya adalah supermarket Carrefour http://www.carrefour.co.id

Costumer to Costumer (C2C)
Peserta dalam satu pasar secara online bisa membeli dan menjual barang kepada satu dengan yang lain. Contohnya pada Toko Bagus.com http://www.tokobagus.com dan Toko Pedia http://www.tokopedia.com/

Business to Goverment (B2G)
Penjualan barang atau jasa kepada pemerintah ataupun lembaga pemerintah. Contohnya pada perusahaan Pindad dengan situsnya http://www.pindad.com/ . Pindad menjual persenjataan militer kepada negara-negara di seluruh dunia. Pindad hanya menjual produknya pada pemerintahan.

Business Processes
Bisnis dan organisasi saling memelihara serta menggunakan informasi untuk mengidentifikasikan serta mengevaluasi pelanggan, pemasok dan karyawan.


SUMBER REFERENSI

http://elearning.gunadarma.ac.id/
http://mrifai.com/programing/ecommerce/pengertian-e-commerce/
http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
modul perdagangan elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar