Minggu, 30 Juni 2013

eBay


ebay adalah salah satu perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce) berjenis Consumen to Consumen multinasional yang berbasis di Amerika. eBay didirikan pada tanggal 5 September 1995 di San Jose, California oleh progremmer bernama Pierre Omidyar. eBay memudahkan orang dalam melaksanakan aktivitas jual beli dengan berbagai macam barang ataupun jasa di seluruh dunia. 

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN


eBay didirikan pada tanggal 3 September 1995 sebagai AuctionWeb, sebuah situs pribadi yang digunakan Omidyar untuk virus Ebola. Sebenarnya eBay hanya hobi sampingan Omidyar sampai penyedia layanan internetnya memberitahukan dia untuk mengupgrade ke account bisnis karena tingginya jumlah traffic ke situs web tersebut. Secara langsung mengakibatkan kenaikan harga hosting dari $30/bulan menjadi $250/bulan. Hal ini memaksa dia untuk melakukan penjualan barang di situsnya tersebut. Karena jumlah permintaan barang yang meningkat, akhirnya Omidyar memperkerjakan Chris Agarpao sebagai karyawan eBay pertama untuk menangani jumlah cek yang datang.

Awal tahun 1996, Jeffry Skoll disewa sebgai presiden pertama perusahaan. November 1996, eBay mengadakan kesepakatan lisensi dengan perusahaan bernama Electronic Travel Auction dalam menggunakan SmartMarket Technology untuk penjualan tiket pesawat dan produk wisata lainnya.

Pada Januari 1997, situs ini mengalami peningkatan jumlah user yang sebelumnya mempunyai 250.000 user pada tahun 1996 sekarang menjadi 2 Juta user.

September 1997, perusahaan ini berubah nama dari AuctionWeb ke eBay. Awalnya, situs milik Echo Bay Technology Group didaftarkan dengan nama echobay.com, tetapi domain ini sudah di daftarkan oleh perusahaan pertambangan Echo Bay Mines. Sehingga Omidyar menyingkatnya menjadi ebay.com. Pada tahun 1997 perusahaan ini menerima dana pinjaman sebesar $6.700.000 dari perusahaan modal Benchmark Capital.

Pada Maret 1998, Meg Whitman diperkerjakan sebagai Presiden dan CEO eBay dengan membawahi 30 orang karyawan. eBay go public pada tanggal 21 September 1998. Dengan pendapatan $4,7 juta secara tidak langsung Omidyar dan Skoll menjadi Miliyader instan. Pendaftaran saham eBay yang semula ditargetkan akan sebesar $18 melambung tinggi menjadi $53,50 pada hari perdagangan pertama.

Pada Februari 2002, eBay membeli iBazar sebuah situs web lelang Eropa dan kemudian membeli PayPal pada tanggal 14 Oktober 2002.

Pada awal 2008, eBay telah berkembang di seluruh dunia. Ratusan juta penggguna terdaftar, 15.000 lebih karyawan dan pendapatan hampir $7,7 Miliyar. 

KELEBIHAN
  1. Adanya fitur penjualan lelang
  2. Adanya fitur peringkat pada penjual
  3. Program amal
  4. Shipping
  5. Situs Multi Bahasa
KEKURANGAN
  1. Mengharuskan penjual untuk menggunakan PayPal
  2. Tidak mendukung IPv6 
  3. Ada beberapa produk yang dibatasi penjualannya

SUMBER REFERENSI

http://www.ebay.com/
https://en.wikipedia.org/wiki/EBay
https://en.wikipedia.org/wiki/File:EBay_logo.svg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar